Kamis, 02 Maret 2017
STUDI KASUS SIM , FREEWAY FORD
disusun oleh : LELYS
MANAJEMEN
FREEWAY FORD
Anda
adalah seorang konsultan manajemen untuk Franklin Absolom, pemegang saham
mayoritas dari kelompok 10 dealer mobil. Ia telah meminta anda untuk segera
menghabiskan beberapa hari di Freeway Ford, sebuah dealer yang tidak memberikan
kinerja sesuai dengan potensinya. Anda tidak diperkenankan “mencari masalah”,
sebagai gantinya, tugas anda adalah menemukan cara-cara untuk membantu
manajemen di dealer tersebut mengambil keuntungan dari setiap peluang.
Satu hari ketika anda sedang
berbicara dengan James Kahler, manajer penjualan untuk Freeway Ford, anda
menyadari bahwa dealer hanya mempergunakan sistem pemrosesan transaksi. Ia
tidak menyadari potensi dari informasi yang telah dikumpulkannya untuk
pengambilan keputusan manajerial. Sebagai contoh, Freeway Ford mengetahui
tanggal pembelian dan pemilik dari setiap mobil yang dijualnya, tetapi ia tidak
pernah menghubungi pemilik mobil tersebut sehubungan dengan pemeliharaan rutin.
Freeway Ford tahu bahwa orang yang membeli sebuah mobil baru biasanya akan
menukar mobil tersebut dengan mobil baru lain 3 hingga 4 tahun kemudian, tetapi
dealer tidak menghubungi pelanggan-pelanggan sebelumnya ini.
Peluang yang lain datang dari
pembelian dan penjualan mobil bekas. Setiap mobil memiliki nomor identifikasi
kendaraan (NIK), Dan dealer menggunakan nomor ini untuk memeriksa setiap
masalah yang diketahui dari mobil bekas tersebut sebelum membelinya. Sebuah
data bank yang berisi riwayat klaim asuransi mobil dan riwayat perbaikan besar
disimpan dalam sekumpulan CD yang dikirmkan ke dealer setiap bulannya. Di
dealer, NIK akan dimasukkan ke dalam komputer pribadi yang akan mengakses CD.
Namun, dealer membeli 100 hingga 400 mobil bekas setiap bulannya dari
lokasi-lokasi lain. Terkadang pembeli mobil bekas berada di suatu lelang dan
tidak memiliki akses ke sebuah komputer. Kadang pembeli berada di penjualan
rumah atau penjualan harta pribadi lainnya. Saat ini, penjualan-penjualan
seperti ini merupakan penjualan “buta” dimana mereka dilakukan tanpa meninjau
informasi NIK terlebih dahulu, karena pembeli tidak dapat menggunakan komputer
dan CD untuk memeriksa riwayat mobil.
Anda tahu bahwa Freeway Ford mengumpulkan
data, tetapi dealer tersebut tidak merespon data untuk menghasilkan informasi.
Kurangnya akses para pembeli mobil bekas terhadap basis data NIK juga dapat
memberikan kerugian ribuan dolar bagi dealer setiap bulannya. Anda memutuskan
bahwa laporan anda untuk Absolum dan Kahler seharusnya akan menyoroti kedua
peluang ini.
Pertanyaan dan Jawaban :
1. Dalam
suatu rangkuman singkat (tidak lebih dari 2 paragraf), jelaskan perbedaan
antara data dan informasi seperti yang berlaku pada data yang dikumpulkan oleh
Freeway Ford ketika ia menjual sebuah mobil. Data apa yang sebaiknya diproses
menjadi informasi di Freeway Ford ?
Jawab
: Data ialah fakta atau kejadian yang jumlahnya banyak tetapi belum memiliki
makna tertentu. Dalam kasus diatas diberitahukan bahwa data-data yang dapat
diambil adalah dimana manajer penjualan ini hanya menggunakan sistem pengolahan
transaksi,dan tidak memanfaatkan sepenuhnya informasi-informasi yang telah di
dapat, padahal informasi memiliki peranan penting dalam pengambilan keputusan.
Contoh disini Freeway Ford memiliki catatan tanggal
penjualan dari pemilik mobil yang setiap mereka jual. Dan dealer bekerja sama
dengan asuransi mobil dimana catatan atau data NIK (Nomer Identifikasi
Kendaraan) ini dapat disimpan di CD dan
dikirimkan ke dealer setiap 1 bulan sekali.
Informasi ialah
sekumpulan data yang telah di olah sehingga menjadi fakta yang mempunyai makna
tertentu. Sedangkan dapat disimpulkan juga pengertian informasi dari wacana
dan perlu diketahui perusahaan ini memiliki 10 dealer yang setiap bilannya
membeli 25 sampai 100 mobil bekas dari berbagai lokasi, namun sayang nya
pembeli atau pemilik mobil hanya memakai tiga tahun sampai empat tahun
berikutnya lalu akan dijual di tempat pelelangan yang di adakan secara resmi
maupun pribadi
2. Bagaimana
cara pembeli mobil bekas dapat mengakses informasi NIK ketika pembeli tersebut
tidak sedang berada di lokasi freeway ford ?
Jawab
: Pembeli harus mendapatkan akses terhadap komputer dan CD yang berisi data
identifikasi kendaraan/NIK. Agar Pembeli dalam membeli mobil bekas dapat
memeriksa kondisi kendaraan. biasanya
dealer yang sudah mempunyai NIK untuk semua mobil bekas dealer akan
memberikannya untuk pembeli agar dapat mengecek kondisi kendaraan. Untuk itu
pentinglah kegunaan NIK, apabila dalam acara pelelangan tersebut tidak adanya
NIK maka mintalah kepada pihak-pihak yang bersangkutan agar merasa aman dan
tenang dalam membeli kendaraan bekas.
3. Bagaimana
anda dapat memperluas saran anda kepada keseluruhan 10 dealer perusahaan ini ?
Jawab
: Pada
dasarnya perusahaan Freeway Ford ini memiliki kekuranganatau kelemahan dalam
kasus dealer yang slalu mengumpulkan data tapi tidak pernah mengolahnya menjadi
informasi yang berguna, selain itu terkadang tidak tersedianya akses pembeli
terhadap data identifikasi kendaraa. Hal ini menyebabkan keerugian yang cukup
besar hingga ribuan dolar setiap bulanya, dan menurut saya apabila saran-saran
yang sudah diberikan kepada perusahaan Freeway Ford ini dapat diterapkan dulu
sehingga adanya perbaikan, setelah itu bolehlah menshare saran-saran tersebut
dengan perusahaan –perusahaan dealer lainnya dan semoga dapat di terima dengan
baik dan mendapatkan hasil yang lebih bagus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar