Kamis, 02 Maret 2017

Cara Membuat Analisis SWOT (Strengths, Weakness, Oppotunities, Threats)

Cara Membuat Analisis SWOT


Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang bagaimana caranya kita untuk membuat sebuah analisis SWOT.
Sebelum kita tahu membuat Anlaisis SWOT, baikya kita harus tahu, minimal apa sih arti dari sebuah analisis SWOT ?
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities)yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Dikutip dari wikipedia.

Oke dari perkutifan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa SWOT adalah suatu teknik untuk menganalisa sebuah usaha / Perusahaan / Bisnis  yang kita bangun itu akan menjadi suatu Usaha / Perusaahan / Bisnis menjadi bernyawa serta sukses  dengan dasar-dasar yang ada pada Analisis SWOT antara lain :

a.      Strengths (Kekuatan)
·            Management memiliki komitmen yang kuat untuk mengimplementasikan sistem manajemen bisnis kelas dunia.
·            Visi dan Misi perusahaan didefinisikan dalam strategik organisasi yang jelas, terukur dan terarah.
·            Komunikasi manajemen dan karyawan berjalan dengan baik, karyawan di segala elemen memiliki kesempatan yang sama dalam memberikan gagasan perbaikan terhadap proses yang berjalan.
·            Memiliki mesin produksi dengan teknologi mutakhir, dan manajemen berkomitment untuk upgrade terhadap teknologi baru yang memberikan nilai tambah.
·            Dan lain sebagainya.
b.      Weaknesses (Kelemahan)
Pada prinsipnya analisa kelemahan-kelemahan merupakan keterbalikan dari kekuatan-kekuatan. Misalkan :
·         Management hanya mengimplementasikan sistem manajemen bisnis yang konvensional, komitmen yang lemah untuk mengimplementasikan sistem manajemen kelas dunia.
·         Visi dan Misi perusahaan hanya dijadikan jargon, tanpa ada definisi dan arahan strategik yang jelas.
·         Komunikasi antara manajemen dan karyawan berjalan satu arah. Karyawan cenderung pasif dalam memberikan gagasan untuk peningkatan performa perusahaan.
·         Mesin produksi sudah ketinggalan jaman, dan manajemen tidak memiliki komitmen kuat untuk upgrade ke teknologi yang lebih baru.
·         Dan sebagainya.
Apabila kekuatan dan kelemahan ditinjau pada aspek internal, maka untuk anilsa kesempatan dan ancaman akan kita tinjau dari aspek external.
c.       Opportunities(Kesempatan-kesempatan)
Beberapa contoh analisis kesempatan ditinjau dari faktor external.
·         Tidak memiliki terlalu banyak pesaing yang memproduksi produk yang sama.
·         Produk yang ditawarkan dapat diterima dengan baik oleh pasar dan meraih pangsa pasar yang cukup tinggi.
·         Pangsa pasar sangat luas dan belum tersentuh oleh kompetitor.
·         Persediaan bahan baku selalu ada dan bisa didapatkan dengan harga murah.
·         Masyarakat menilai positif dalam menilai dampak lingkungan yang diakibatkan oleh proses produksi.
·         Dan lain sebagainya.
     d.  Threath (Ancaman)
Beberapa contoh analisis kesempatan ditinjau dari faktor external.
·         Banyak pesaing yang memproduksi produk yang sama, dan memiliki potensi kualitas produk yang lebih baik.
·         Produk yang ditawarkan kurang diterima oleh pasar, sehingga sulit untuk membangun pangsa pasar.
·         Persediaan bahan baku terbatas dan harganya mahal.
·         Proses produksi menghasilkan dampak yang tidak diterima dengan baik oleh masyarakat sekitar.
·         Dan lain sebagainya.

Berdasarkan data kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman yang ada. Anda dapat melakukan pendekatan strategi sebagai berikut :
Strengths – Opportunities : Menggunaan kekuatan-kekuatan yang ada untuk menciptakan kesempatan-kesempatan.
Strengths – Threats : Menggunakan kekuatan-kekuatan untuk menghindari dan mengeliminir ancaman-ancaman yang ada.
Weaknesses – Opportunities : Menghilangkan kelemahan-kelemahan yang ada untuk menciptakan kesempatan-kesempatan.
Weaknesses – Threats : Menghilangkan kelemahan-kelemahan agar menghindari ancaman-ancaman.

Adapun Mungkin Gambarannya Strateginya Seperti Berikut !






             
Oke Sekian, Pembahasan cara-cara membuat atau memulai analisis SWOT, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat, Khususnya bagi saya pribadi dan umumnya kepada para pembaca ..
Sekian..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pertanyaan seputar E-commerce

Adapun ke-sepuluh (10) pertanyaan yang sering kali ditanyakan tentang e-commerce adalah: Apakah e-commerce (e-dagang)? (what is e...