Cara Membuat Analisis SWOT
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang bagaimana caranya kita untuk membuat sebuah analisis SWOT.
Sebelum kita tahu membuat Anlaisis SWOT, baikya kita harus tahu, minimal apa sih arti dari sebuah analisis SWOT ?
Analisis SWOT adalah
metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan
(strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan
ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.
Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths,
weaknesses, opportunities, dan threats). Proses ini melibatkan penentuan
tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan
mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang
tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan
dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi
keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT,
dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil
keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana
cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan
(advantage) dari peluang (opportunities)yang ada, selanjutnya bagaimana
kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan
terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang
mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah
ancaman baru.
Dikutip dari wikipedia.
Oke
dari perkutifan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa SWOT adalah suatu
teknik untuk menganalisa sebuah usaha / Perusahaan / Bisnis yang kita
bangun itu akan menjadi suatu Usaha / Perusaahan / Bisnis menjadi
bernyawa serta sukses dengan dasar-dasar yang ada pada Analisis SWOT
antara lain :
a. Strengths (Kekuatan)
·
Management memiliki komitmen yang kuat untuk
mengimplementasikan sistem manajemen bisnis kelas dunia.
·
Visi dan Misi perusahaan didefinisikan dalam
strategik organisasi yang jelas, terukur dan terarah.
·
Komunikasi manajemen dan karyawan berjalan
dengan baik, karyawan di segala elemen memiliki kesempatan yang sama dalam
memberikan gagasan perbaikan terhadap proses yang berjalan.
·
Memiliki mesin produksi dengan teknologi
mutakhir, dan manajemen berkomitment untuk upgrade terhadap teknologi baru yang
memberikan nilai tambah.
·
Dan lain sebagainya.
b. Weaknesses (Kelemahan)
Pada prinsipnya analisa
kelemahan-kelemahan merupakan keterbalikan dari kekuatan-kekuatan. Misalkan :
·
Management hanya mengimplementasikan sistem
manajemen bisnis yang konvensional, komitmen yang lemah untuk
mengimplementasikan sistem manajemen kelas dunia.
·
Visi dan Misi perusahaan hanya dijadikan jargon,
tanpa ada definisi dan arahan strategik yang jelas.
·
Komunikasi antara manajemen dan karyawan
berjalan satu arah. Karyawan cenderung pasif dalam memberikan gagasan untuk
peningkatan performa perusahaan.
·
Mesin produksi sudah ketinggalan jaman, dan
manajemen tidak memiliki komitmen kuat untuk upgrade ke teknologi yang lebih
baru.
·
Dan sebagainya.
Apabila kekuatan dan
kelemahan ditinjau pada aspek internal, maka untuk anilsa kesempatan dan
ancaman akan kita tinjau dari aspek external.
c. Opportunities(Kesempatan-kesempatan)
Beberapa contoh analisis kesempatan ditinjau dari
faktor external.
·
Tidak memiliki terlalu banyak pesaing yang
memproduksi produk yang sama.
·
Produk yang ditawarkan dapat diterima dengan
baik oleh pasar dan meraih pangsa pasar yang cukup tinggi.
·
Pangsa pasar sangat luas dan belum tersentuh
oleh kompetitor.
·
Persediaan bahan baku selalu ada dan bisa
didapatkan dengan harga murah.
·
Masyarakat menilai positif dalam menilai dampak
lingkungan yang diakibatkan oleh proses produksi.
·
Dan lain sebagainya.
d. Threath
(Ancaman)
Beberapa contoh analisis
kesempatan ditinjau dari faktor external.
·
Banyak pesaing yang memproduksi produk yang
sama, dan memiliki potensi kualitas produk yang lebih baik.
·
Produk yang ditawarkan kurang diterima oleh
pasar, sehingga sulit untuk membangun pangsa pasar.
·
Persediaan bahan baku terbatas dan harganya
mahal.
·
Proses produksi menghasilkan dampak yang tidak
diterima dengan baik oleh masyarakat sekitar.
·
Dan lain sebagainya.
Berdasarkan data kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman
yang ada. Anda dapat melakukan pendekatan strategi sebagai berikut :
Strengths – Opportunities : Menggunaan kekuatan-kekuatan yang ada untuk
menciptakan kesempatan-kesempatan.
Strengths – Threats : Menggunakan kekuatan-kekuatan untuk
menghindari dan mengeliminir ancaman-ancaman yang ada.
Weaknesses – Opportunities : Menghilangkan kelemahan-kelemahan yang
ada untuk menciptakan kesempatan-kesempatan.
Weaknesses – Threats : Menghilangkan kelemahan-kelemahan agar
menghindari ancaman-ancaman.Adapun Mungkin Gambarannya Strateginya Seperti Berikut !
Oke Sekian, Pembahasan cara-cara membuat atau memulai analisis SWOT,
mudah-mudahan artikel ini bermanfaat, Khususnya bagi saya pribadi dan
umumnya kepada para pembaca ..
Sekian..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar